Elastisitas Permintaan dan Penawaran


A. Definsisi elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran.

Elastisitas harga permintaan merupakan ukuran kuantitatif yang menunjukkan sejauh mana bsarnya pengaruh perubahan harga terhadap jumlah yang diminta.
Elastisitas penawaran merupakan ukuran kuantitatif yang menunjukkan sejauh mana besarnya pengaruh perubahan harga terhadap jumlah yang ditawarkan.

manfaat dari elastitistas permintaan adalah sebagai berikut :

  • Sebagai landasan dalam menyusun penjualan suatu perusaahaan apabila diketahui sifat responsif permintaan terhadap produksi (penawaran) perusahaan maka perusahaan dapat menentukan apakah untuk menaikkan hasil penjualannya perlu menaikkan produksi atau tidak.
  • sebagai alat pemerintah untuk meramalkan kesuksesan dari kebijakan ekonomi tertentu yang akan dilaksanakan. Misalnya, untuk mengurangi impor suatu jenis barang pemerintah perlu mengatahui pengaruh terhadap permintaan barang impor tersebut akibat dari kebijakan yang mempengaruhi tingkat harga barang impor.
Adapun Rumus elastisitas adalah sebagai berikut :

                    Perubahan nisbi jumlah yang diminta
E   =  ------------------------------------------------------
                             Perubahan nisbi harga
Rumus diatas dapa dinyatakan dengan :

              Q2 - Q1                   ∆Q
             -----------               -------
                   Q1                       Q1
E = --------------------  = -----------
               P2 - P1                    ∆P
              ----------               --------
                   P1                        P1


        P1     ∆Q
E = ---- . ------
       Q1      ∆P
========================
Rumus diatas berlaku untuk menghitung elastisitas permintan dan juga elastisitas penawaran. pada elastisitas penerimaan disimbolkan dengan (Ed), karena nilai elastisitas permintaan selalu negatif maka nilai E harus di absolutkan. pada elastisitas penawaran disimbolkan dengan (Es).

Penaksiran terhadap koefisien elastisitas (E) baik  elastisitas permintaan ataupun elastisitas penawaran adalah sebagai berikut :
  1. Permintaan atau Penawaran dikatakan Elastis, Jika nilai E > 1
  2. Permintaan atau Penawaran dikatakan Inelastis, Jika nilai  E < 1
  3. Permintaan atau Penawaran dikatakan Elastis Uniter, Jika nilai  E = 1
  4. Permintaan atau penawaran dikatakan Elastistias Sempurna, Jika nilai  E = ~ (tak hingga)
  5. Permintaan atau penawaran dikatakan Inelastis Sempurna, Jika nilai nilai  E = 0
untuk lebih memperjelas pemahaman anda tentang elastisitas, dibawah ini kami sajikan contoh soal dan pembahasan yang berkaitan dengan elastisitas permintan dan elstisitas penawaran :

Soal pertama(Soal Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) Ekonomi 2009)
  • Pasa saat harga Rp. 5.000,00 per unit, jumlah barang yang ditawarkan 20 unit. Kemudian harga turun menjadi Rp. 4.500,00 perunit dan jumlah barang yang ditawarkan menjadi 10 unit. berdasarkan data tersebut besarnya koefisien elastisitas penawarannya adalah....
Jawab :
Dari data diatas diketahui :
P1 = 5.000    Q1 = 20
P2 = 4.500    Q2 = 10
langkah pertama kita menentukan perubahan jumlah penawaran dan harga
∆Q = Q2 -Q1 = 10-20 = -10
∆P = 4.500 - 5.000 = -500
Langkah selanjutnya, kita masukan data-data diatas kedalam rumus elastisitas :
         P1      ∆Q
Es = ---- . ------
         Q1     ∆P

        5.000    -10
Es = ------- . ------
          20     -500
Es = 5
=======
Nilai Es = 5 > 1, menunjukan penawaran elastis.

Soal kedua : (Soal Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) Ekonomi 2008)

Request tables of rice in an area in one month:
---------------------------------------------
Price Per Kg               Amount of Request
---------------------------------------------
Rp. 4.000,00                  10 ton
Rp. 4.500,00                    8 ton
---------------------------------------------
Pursuant to request tables of rice above, what kind of request type including.....

Jawab :
dari soal diatas diperoleh data-data sebagai berikut :
P1 = 4.000   Q1 = 10 ton
P2 = 4.500   Q2 = 8 ton
Langkah pertama kita menghintung perubahan jumlah barang dan harga...
∆Q      = Q2 - Q1 = 8 - 10 = -2
∆P       = P2 - P1  = 4.500 - 5000= -500
Langkah selanjutnya kita masukan data diatas kedalam rumus elastisitas permintaan:
Ed = (P1/Q1) x (∆Q/∆P)
Ed = (4000/10) x (-2/-500)
Ed = (400) x (0,004)
Ed = 1,6
=======
Nilai Ed > 1, Jadi permintaan bersifat elastis.

Soal ketiga : (Soal olimpiade sains kabupaten (OSK) Ekonomi 2006)
  • Pada tingkat harga barang sebesar Rp. 500.00 barang yang ditawarkan 1000unit, jika harga naik 20% barang yang ditawarkan juga bertambah sebanyak 100 unit. berdasarkan data tersebut elastisitasnya dinamakan.....
Jawab :
dari soal diatas didapat data-data sebagai berikut :
P1 = 500     Q1 = 1000
P2 = (500x20%)+500 = 100 + 500 = 600
Q2 = 1000 + 100 = 1100
langkah  pertamaa kita menghitung perubahan Q dan P
∆Q = Q2 - Q1 = 1100 - 1000 = 100
∆P  = P2 - P1  = 600 - 500 = 100
langkah selanjutnya kita masukan data-data diatas kedalam rumus elastisitas penawaran :
Ed = (P1/Q1) x (∆Q/∆P)
Ed = (600/1000) x (100/100)
Ed = 0,6
Nilai Ed = 0,6 berarti Ed < 1, jadi Elatisitasnya dinamakan in elastis
===============================================


Demikian saja pembahasan kita tentang elastisitas permintan dan elastisitas penawaran, jika ada pertanya seputar masalah yang berkaitan dengan elastisitas permintaan dan penawaran, baik itu soal olimpiade sains ekonomi atau soal ujian nasional ekonomi, silahkan diposkan melalu kotak komentar dibawah ini, terimakasih. saya tunggu pertanyaannya.

28 komentar:

  1. Soal no.3. Knapa p1ny 600? Bukanny 500 ya?

    BalasHapus
  2. iya benar, memang P1 = 500, dan P2=600,
    mungkin anda kurang cermat melihat pembahasan tersebut.
    ∆P = P2 - P1 = 600 - 500 = 100
    Yang 600 itu adalah P2.
    ok, Terimakasih atas komentarnya.

    BalasHapus
  3. diketahui : fungsi penawaran Q=100+20P
    ditanyakan: berapa jumlah penawaran saat harga barang Rp. 100, berapa harga barangnya saat jumlah penawarannya 200 unit?
    please....

    BalasHapus
  4. ma'af baru balas...
    untuk menjawab soal tersebut kita hanya membutuhkan waktu 15 detik.... karena kita tinggal memasukan harga barang dan jumlah barang pada fungsi penawaran tersebut..
    berikut pembahasannya :
    diketahui fungsi penawaran :
    Q=100+20P
    jawab :
    1. Jumlah barang (Q)yang ditawarkan pada saat harga barang Rp.100
    Q=100+20(100)
    Q=100+2000
    Q=2100
    Jadi jumlah barang (Q) pada saat harga barang (P) Rp. 100 adalah 2100 unit.

    2. Harga Barang (P) pada saat jumlah penawaran 200 unit ?
    Q=100+20P
    200=100+20P
    20P=200-100
    20P=100
    P=100/20
    P=5
    Jadi Harba barang (P) pada saat jumlah barang yang ditawarkan sebanyak 200 unit adalah Rp.5.

    gitu.... ma'af ya telat balas... karena banyak kegaitan terimakasih..
    silahkan diposkan pertanyaan selanjutnya mumpung lagi tidak ada kegiatan.. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikinin contoh soal elastisitas yang hasil nya o dong.

      truss sama yang hasil nya satu.

      Hapus
  5. KLw ada soal yg diketahui
    P=84-4Q
    dan AC=Q+4
    ditanya
    berapa tingkat harganya pada keunTuNGn mksimum trz beraPA besar keunTuNgn maksimum'a
    please
    thank for your kind asSistance

    BalasHapus
  6. kalo ada soal
    Permintaan : P+3Q=95
    Penawaran : P=2Q-30
    ditanya
    berapa keseimbangan pasar,jika atas barang di kenakan pajak Rp 5/ unit keseimbangan pasar setelah pajak berapa, sm gambar grapiknya seperti apa??
    thanks bgt

    BalasHapus
  7. diketahui fungsi penawaran :
    Q=100+20P
    Berapa harganya?

    BalasHapus
  8. ka tlg donk kasih contoh ttg elastisitet berikut:
    1. apa yg umum nya di ukur oleh elastisitet
    permintaan, harga dari permintaan, pendapatan
    dari permintaan, dan silang dari permintaan?
    URGENT! help me pls

    BalasHapus
  9. soal no.2...
    ∆P = P2 - P1 = 4.500 - 5000= -500... tapi kok di tabelnya gak koheren yah??? kalo ngikutin data yang di tabel harusnya,,
    ∆P = P2 - P1 = 5.000 - 4000= Rp 500

    cuma mau koreksi aja...
    maaf kalo salah,,,

    BalasHapus
  10. sorry salah... maksudnya...
    ∆P = P2 - P1 = 4.500 - 4000= Rp 500

    BalasHapus
  11. i think indonesia can created economic scientists in the future and i so proud cuz many people really enthusiastic to ask the economic. . .
    :D:D:D

    BalasHapus
  12. ngomong2, hasil perhitungannya bisa bersifat negatif ga? kalau misalnya hasilnya -3, itu termasuk elastis atau inelastis?
    terima kasih.

    BalasHapus
  13. sifat perhitungan elastisitas tidak dilihat negatifnya, kalo hasilnya -3 berarti dia elastis karena E>1. kalo inelastis itu yang hasil perhitungannya pecahan, misalnya 1/2 atau 0.25. itu baru termasuk E<1. ^^

    BalasHapus
  14. Mohon Bantuan Pembahasannya dg soal brk :
    Apabila diketahui fungsi penawaran Ps = 1/2Q + 200 maka besarnya koefisien elastisitas penawaran pada saat P = 400 adalah……
    Thank atas bantuannya

    BalasHapus
  15. Fungsi penawaran suatu barang ditunjukan oleh Q = 12+5p2, elastisitas penawaran pada tingkat harga 2 adalah??

    BalasHapus
  16. kalau ada soal fungsi permintaan P=2500-5Q, maka elastisitas titik adalah unitary elastis pada saat harga ?
    thanks

    BalasHapus
  17. barangnya adalah padi

    diket: S : -200 + 0,5P
    D : 1000 - 0,25P

    kurva pnwaran bgeser k kanan
    S' : -50 + 0,5P

    Tanya : .pengaruh Elastsitas penawaran
    .pngruh E.prmintaan
    .pngruh harga E.prmintaan brg trsbut

    BalasHapus
  18. gimana kalau soalnya seperti ini,
    Qjagung = 19,5 - 0,2 Pjagung +0,3 Pubi + 0,2 Pberas - 0,0001 Y + 0,1 H

    Pjagung = Rp150/kg
    Pberas = Rp250/kg
    Pubi = Rp100/kg
    Y = Rp100.000/kg
    H = 5 orang

    Diminta :
    a. elastisitas permintaan
    b. elastisitas silang ubi dan jagung
    c. elastisitas jagung dan beras
    d. elastisitas pendapatan

    BalasHapus
  19. maaf mas agus, mau tanya, gimana halnya dengan produk jasa, apa elastisitas juga berlaku, contoh elastisitas permintaan jasa wisata alam. terima kasih mas....

    BalasHapus
  20. Tolong Dibantu...
    Diketahui fungsi permintaan Qd = 200 - 2P. Pada tingkat harga 40, besarnya koefisien elastisitas permintaan adalah ........

    BalasHapus
  21. kalo soalnya seperti ini bagaimana???
    jika harga tiket kereta api naik 10% mengakibatkan penjualanya turun 5% maka koefisien elastisitas permintaanya adalah...
    a.1.0
    b.2.0
    c.0.5
    d.2.5
    e.0.0

    BalasHapus
  22. tolong dibantu
    soalnya seperti ini bagaimana???
    penelitian terhadap suatu perusahaan dlm menawarkan barang X yg diproduksi dirumuskan dlam suatu persamaan penawaran,sbb :Qs = 40+5px-2Py-10N,Qs adalah jumlah barang yg ditawarkan; px adalah harga brng X; Py harga input; dan N adalah banyaknya macam barang pesaing.
    Tentukan besarnya koefisien elastisitas harga penawaran brang X pd tingkat Px=4, Py=2,dan N=3.berikan penjelasan dari setiap nilai koefisien elastisitas tersebut?
    sy ucapkan terima kasih atas jawabannya

    BalasHapus
  23. gmn cara yah mencari impor ekilibrium

    BalasHapus
  24. bagaimana kalau soalnya gini

    penawaran jeruk dan permintaan di pasar x ditunjukkan dalam fungsi pd= 80-2(Q) dan Ps = 20+4(Q)
    sesuai dengan kedua fungsi, maka pasar jeruk

    BalasHapus
  25. Bagaimana kalau perubahan harganya ada 4 macam? begitu juga dengan jumlah permintaan dan penawaran.

    BalasHapus
  26. Assalamu'alaikum..
    saya mau tanya, saya dpt bila P1 = 18 maka jumlah permintaan Q1 = 250, Jika P2 = 24, dan Koefisien elastisitas 0,56 maka jumlah permintaan Q2 ? soal ini kan tentang permintaan, tp knpa ketemunya tentang penawaran,,, mohon bantuannya segera :)
    trims

    BalasHapus