Fungsi Konsumsi dan Tabungan


Seorang ahli ilmu ekonomi JM. Keynes, mengatakan bahwa Pengeluaran seseorang untuk konsumsi dan tabungan dipengaruhi oleh pendapatannya.
Semakin besar pendapatan seseorang maka akan semakin banyak tingkat konsumsinya pula, dan tingkat tabungannya pun akan semakin bertambah. dan sebaliknya apabila tingkat pendapatan seseorang semakin kecil, maka seluruh pendapatannya digunakan untuk konsumsi sehingga tingkat tabungannya nol.

Menerut JM. Keynes, pendatan suatu negara terdiri atas dua hal, yaitu : (1). Pendapatan Perseorangan ( Y=C+S) dan (2). Pendapatan Perusahaan (Y=C+I).

Karena pembahasan kita kali ini berkaitan dengan fungsi konsumsi dan tabungan, maka pokok bahasan kita kali berkaitan dengan pendapatan perseorangan (Y=C+S) dan kaitannya dengan fungsi konsumsi dan tabungan.
Apabila pendapatan berubah, maka perubahan tersebut akan berpengaruh terhadap konsumsi dan tabungan
Perbandingan antara pertambahan konsumsi (∆C) yang dilakukan dengan pertambahan pendapatan disposible (∆Yd) yang diperoleh disebut kecondongan mengkonsumsi marjinal (MPC = Marginal Propensity to Consume). Perbandingan antara pertambahan tabungan (∆S) dengan pertambahan pendapatan disposibel (∆Yd) yang diperoleh disebut kecondongan menabung marjinal (MPS = Marginal Propensity to Save).

untuk mengetahui perubahan tingkat konsumsi, maka dapat digunakan rumus :
===> MPC = ∆C / ∆Y dan APC = C / Y
dan untuk mengetahui perubahan tingkat konsumsi, maka dapat digunakan rumus :

===> MPC = ∆S / ∆Y dan APC = S / Y

Fungsi konsumsi adalah suatu fungsi yang menggambarkan hubungan antara tingkat konsumsi rumah tangga dengan pendapatan nasional dalam perekonomian. Sedangkan fungsi tabungan adalah suatu fungsi yang menggambarkan hubungan antara tingkat tabungan rumah tangga dan pendapatan nasional dalam perekonomian.
Persamaan antara hubungan itu adalah :
Fungsi Konsumsi  :  C = a + bY
Fungsi Tabungan   : S = -a + (1-b)Y
dimana :
a = konsumsi rumah tangga secara nasional pada saat pendapatan nasional = 0
b = kecondongan konsumsi marginal (MPC)
C = tingkat konsumsi
S = tingkat tabungan
Y = tingkat pendapatan nasional.

untuk lebih jelasnya tentang fungsi konsumsi dan tabungan, mari kita bahas soal-soal Olimpiade Sains Ekonomi yang ada kaitannya dengan fungsi konsumsi dan tabungan :

Soal pertama(Soal Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) Ekonomi 2009).
  • Sebelum bekerja pengeluaran Daniel sebesar Rp. 1.500.000,00 sebulan. setelah bekerja dengan penghasilan sebesar Rp. 5.000.000,00 pengeluarannya sebesar Rp. 4.500.000,00. Fungsi konsumsi Daniel adalah....
Pembahasan :
dik :
-  a = 1.500.000 (Konsumsi pada saat y=0)
-  ∆C = C1 - C0 = 4.500.000 - 1.500.000 = 3.000.000
-  Y   = Y1 - Y0 = 5.000.000
- ∆Y = 5.000.000 - 0 = 5.000.000
dit : Fungsi Konsumsi ?
jawab :
Fungsi konsumsi dinyatakan dengan :
C = a + bY atau C  a + mpcY
pada soal diatas sudah diketahui nilai a, Y, ∆Y, dan ∆C, jadi langkah selanjutnya kita mencari MPC
MPC = ∆C / ∆Y
MPC = 3.000.000 / 5.000.000 = 3/6
MPC = 0,6
setelah MPC kita ketahui, maka fungsi konsumsi untuk Daniel dapat kita tentukan sebagai berikut :
C = a + mpcY,
================
C = 1.500.000 + 0,6Y
=================

Soal Kedua(Soal Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) Ekonomi 2009).
  • Konsumsi masyarakat suatu negara ditunjukan oleh persamaan C = 30 + 0,8Y. bila tabungan sebesar Rp.20,00 maka besarnya konsumsi adalah ....
Pembahasan :
dik :  - fungsi konsumsi C = 30 + 0,8Y
        - tabungan S = 20
dit : Besar Konsumsi (C) ?
Jawab :
untuk mengetahui besarnya konsumsi, maka langkah yang paling pertama adalah kita harus mencari terlebih dahulu berapakah nilai Pendapatan (Y) dari fungsi tersebut.
untuk mencari nilai Y maka kita bisa menggunakan fungsi tabungan dan nilai tabungannya,
C = 30 + 0,8Y maka fungsi tabungannya adalah S = -a + (1 - MPC)Y==>
S = -30 + 0,2Y diketahui nilai S = 20, lalu kita masukan kedalam fungsi tabungan (S) untuk memperoleh nilai Y
S       = -30 + 0,2Y
20     = -30 + 0,2Y
0,2Y = 20 + 30
0,2Y = 50
Y      =  50 / 0,2
Y       = 250
Langkah selanjutnya untuk mencari besarnya konsumsi (C) adalah kita memasukan nilai Y kedalam fungsi konsumsi.
C = 30 + 0,8Y
C = 30 + 0,8(250)
C = 30 + 200
C = 230
=======
Jadi besarnya konsumsi (C) adalah 230.

Soal Ketiga :   (Soal Olimpiade Sains Kabupaten (OSK) Ekonomi 2008).
  • Keluarga Ibu Tutik mempunyai penghasilan Rp. 8.000.000,00 sebulan, dengan pola konsumsi yang dinyatakan dengan fungsi C = 1.500.000 + 0,70Y. Berdasarkan data tersebut maka besarnya tabungan keluarga ibu Tutik adalah ....
Pembahasan:
 Diketahui :
- Y = 8.000.000
- Fungsi Konsumsi ==> C = 1.500.000 + 0,70Y
Ditanya :
- besarnya tabungan (S) ?
Jawab :
untuk mengetahui besarnya nilai tabungan (S) maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah merubah fungsi konsumsi kedalam fungsi tabungan kemudian memasukan nilai pendapatan (Y) kedalam fungsi tabungan.
C = 1.500.000 + 0,70Y
maka fungsi tabungannya adalah :
S = -a + (1-MPC)Y
S = - 1.500.000 + 0,30Y
untuk mencari besarnya tabungan (S) ibu tutik maka kita masukan nila Y kedalam fungsi konsumsi:
S = -1.500.000 + 0,30(8.000.000)
S = -1.500.000 + 2.400.000
S = 900.000
============
Jadi besarnya Tabungan keluarga ibu Tutik adalah Rp.900.000,00

Soal Keempat(Soal Olimpiade Sains Propinsi (OSP) Ekonomi 2008)
  • Bila diketahui fungsi tabungan : S = -50 + 0,15Yd, maka besarnya Marginal Propensity to Consume (MPC) adalah.....
Pembahasan :
untuk menjawab pertanyaan diatas, kita hanya memerlukan waktu 30detik,
diketahui MPS = 0,15  maka
 MPC = 1 - MPS
MPC = 1 - 0,15
MPC = 0,85
===========
Jadi besarnya Marginal Propensity to Consume (MPC) adalah 0,85
soal selanjutnya :  (Soal Olimpiade Sains Propinsi (OSP) Ekonomi 2007)
  1. Bila diketahui, Fungsi konsumsi C = 200 + 0,8Y, maka besarnya Marginal Propensity to Save (MPS) adalah....
Pembahasan:
Sama dengan soal sebelumnya, untuk membahas soal ini kita hanya membutuhkan waktu 30 detik.
Diketahui MPC = 0,8 Maka
MPS = 1 - MPC
MPS = 1 - 0,8
MPS = 0,2
========
Jadi besarnya Marginal Propensity to Save (MPS) adalah 0,2
===========================================

Demkian saja pembahasan mengenai fungsi konsumsi dan tabungan mudah-mudahan bermanfaat, dan jika ada pertanyaan seputar soal-soal olimpiade Eknomi dan Soal-soal UN ekonomi, silahkan diposkan pada bagian komentar dibawah ini. Insyaallah jika ada waktu luang saya akan menjawabnya dengan senang hati. terimakasih. saya tunggu petanyaannya.

59 komentar:

  1. ka contoh - contoh soalx kurng lengkap,,
    ge mna cranya mencri soal ini,
    jika diket dlm perekonomian tngkt pendptan masy. secara agregat adalah pd thn ke satu sebesar Yd = 1000 ( dalam miliar ).dan kondumsi masy. pd thn yg sma C= 750,kmudian pd thn ke dua pendaptn meningkat menjadi 1500 dan konsumsi berubH menjadi C=1100.tentukan
    a. berapa nilai MPC nya?
    b. pd tiap pendptan berapa rata2 tabungan yg terbentuk dan tentukan MPS nya
    c. cari fungsi konsumsinya jika diket. fungsi konsumsi C=Co + mpc.y

    BalasHapus
  2. untuk memperjelas jawaban soal diatas disini akan dibahas dengan menggunakan tabel dan secara matematis.

    Langkah pertama kita buat tabel:

    dari soal diatas diperoleh tabel sebagai berikut :
    ------------------------------------
    │ket│th1 │th2.│∆ │rata2 │
    ------------------------------------
    │yd.│1000│1500│500 │1250 │
    │c..│750 │1100│350 │925 │
    │s..│250 │400 │150 │325 │
    │c/y│0,75│0,73│-0,02│0,74->0,7->mpc│
    │s/y│0,25│0,27│0,02 │0,26->0,3->mps│
    ------------------------------------
    MPC = ∆c/∆y = 350/500 = 0,7
    MPS = ∆s/∆y = 150/500 = 0,3
    Konstanta atau a=((∆s/∆y) x y1)+((∆s/∆y) x y2)
    a=(0,02x1000)+(0,02x1500)=20+30=50
    Jadi dari perhitungan dan data diatas maka fungsi konsumsi dan tabungannya adalah :
    C = a + mpc.y
    C = 50 + 0,7y
    Dan
    S = -a + mps.y
    S = -50 + 0,3y
    =======================
    udah dapat semuanyakan jawabannya…

    dengan adanya pembuatan tabel seperti diatas, maka nilai s atau saving dapat langsung diperoleh, kita melihat pada fungsi pendapatan menunjukan y=c+s, sehingga s=y-c, jadi apabila pada tahun ke-1 diketahui pendapatan sebesar rp.1000 dan konsumsi sebesar rp.750 maka besar s adalah 250 (1000-750). nilai tersebut dapat jelaskan baik secara matematis maupun secara nyata, misalkan saja kita punya uang 150 kemudian pada bulan ini besar semua pengeluaran kita rp.925 berarti kita masih sisa uang 325, dan uang ini nantinya pasti akan disimpan atau untuk di investasikan.

    Jadi setelah nilai s diperoleh maka nilai yang lainnya seperti MPC, MPS, a atau konstanta pun bisa dicari, sehingga jika semua sudah didapat maka fungsi konsumsi dan tabungan bisa buat.
    Gimana mudah bukan menjawab pertanyaan diatas dengan table.
    Oh iya untuk rumus mencari konstansa atau a = ((∆s/∆y) x y1) + ((∆s/∆y) x y2), itu saya buat sendiri karena saya belum pernah melihat rumus tsb dalam buku yang saya baca selama ini. mohon dibuktikan dengan kasus soal yang lain apa benar atau tidak rumus konstanta yang saya buat itu, kalau benar berarti rumus itu bisa dipakai secara umum untuk mencari konstanta. Dan jika selama ini belum ada buku yang menulis rumus konstanta seperti itu maka saya adalah penemu pertama rumus konstanta tersebut, jadi jangan lupa tulis nama saya di bagian pustaka jika menggunakan rumus konstanta buatan saya tersebut.

    gimana jawaban dari saya apa kurang memuaskan,, silahkan dikomentari kembali... terimakasih atas pertanyaannya
    salam dari : Agus Triono, S.Pd Guru Peunaron Aceh Timur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya rumus mencari a itu = (∆c/∆y x c/y)y ?????????

      Hapus
  3. langkah selanjutnya kita menggunakan fungsi linear:
    dalam langkah ini kita mencari fungsi konsumsi terlebih dahulu, karena apabila fungsi konsumsi sudah diketahui secara otomatis kita dapat mencari MPC, MPS dan fungsi tabungan dalam waktu kurang dari 30 detik.
    untuk mencari fungsi konsumsi dari soal diatas maka dapat menggunakan rumus persamaan linear sebagai berikut:

    c =(((c2-c1)/(y2-y1))(y-y1))+c1

    dimana :
    c--> adalah fungsi konsumsi
    c2-> adalah nilai konsumsi pada tahun ke-2
    c1-> adalah nilai konsumsi pada tahun ke-1
    y2-> adalah nilai pendapatan pada tahun ke-2
    y1-> adalah nilai pendapatan pada tahun ke-1


    langkah selanjutnya kita masukan nilai-nilai pada tabel diatas kedalam rumus persamaan linear:

    c =((1100–750)/(1500–1000))(y-1000)+750

    c =(350/500)(y - 1000)+750

    c =0,7(y - 1000) + 750

    c =0,7y - 700 + 750

    c = 0,7y + 50

    jadi fungsi konsumsinya adalah c= 50 + 0,7y

    jika fungsi konsumsi sudah diketahui maka MPC pun mudah dicari karena MPC merupakan nilai gradien dari fungsi konsumsi.
    jadi nilai MPCnya adalah 0,7
    jika nilai MPC sudah diketahui maka nilai MPS pun mudah untuk dicari karena MPS = 1 - MPC,
    dan jika fungsi konsumsi sudah diketahui fungsi tabunganpun mudah untuk dicari karena fungsi tabungan merupakan
    kebalikan dari fungsi konsumsi:
    dari soal diatas diperoleh fungsi koncumsi :
    c= 50 + 0,7y
    jadi fungsi tabungannya adalah :
    s = -a + (1-MPC)y
    s = -50 + (1 - 0,7)y
    s = -50 + 0,3y
    ================

    jadi dapat disimpulkan, untuk jawaban soal diatas adalah sebagai berikut :
    a. Nilai MPC nya adalah 0,7
    b. nilai rata-tata tabungannya adalah : 250/400=325,
    dan nilai (s/y) pada tahun 1 dan 2 masing adalah 0,25 dan 0,27. serta nilai TS/TY=0,26-> dibulatkan menjadi 0,3 ini merupakan nilai MPS (lihat tabel)
    c. nilai MPS nya adalah 0,3
    dan jika ditanya fungsi tabungannya adalah S=-50+0,30y

    gimana jawaban dari saya apa kurang memuaskan,, silahkan dikomentari kembali... terimakasih atas pertanyaannya
    salam dari : Agus Triono, S.Pd Guru Peunaron Aceh Timur.

    BalasHapus
  4. jazakumulloh khoiron katsiron,,
    sebentr lg semesteran,,
    tp sy msh kurng memahami pelajaran ekonomi makro dan mikro,,???
    sy ada tgz d suruh membuat makalah tentang mikro n makro,,
    pak tolong bntu mencari tema yg bgus untuk tgz ini..

    BalasHapus
  5. Afwan.... saya lagi sibuk... jadi belum bisa bantuin cariin tema yang sesuai untuk tugas antum....coba cari aja di mbah google.. mungkin disana banyak tema yang bisa antum pake untuk tugas antum....
    oh iya ngomong2 antum juga aktivis partai dakwah yah.......

    BalasHapus
  6. bang sy orang tdk tauu Dengan akutansi ....seandainya negera co=30 Millyar MPC = 0,75 Dan pendapatan TR = 5 Millyar..

    BalasHapus
  7. makasih ya kak/pak, dengan ini peer saya hampir selesai

    BalasHapus
  8. Diinformasikan :
    Fungsi tabungan, S = -100+0.2 Yd

    Ditanyakan:
    a. Buatlah Fungsi Konsumsi
    b. berapa besarnya mps, mpc dan dissaving?
    c. Jika Besarnya Investasi Otonom, I=100,
    Pengeluaran Pemerintah, G = 75 dan Pajak
    Proporsional, t= 25%, Hitunglah tingkat
    pendapatan Nasional dan Kondisi
    keseimbangan ekonomi 3 sektor setelah
    adanya pajak.
    d. Hitunglah besarnya tingkat konsumsi dan
    tabungan setelah adanya pajak
    e. Gambarkan Grafik keseimbangan ekonomi 3
    sektor setelah adanya pajak dengan
    pendekatan suntikan dan bocoran.

    BalasHapus
  9. saya berharap ada yg bisa bantu saya dalam hal ini

    BalasHapus
  10. makasih ya....aq udh bisaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  11. jika hasil dari fungsi kosumsi sama dengan minus bagaimana?

    BalasHapus
  12. Dari Tita
    tolong dibantu menjawab ya,,
    APC=1=y=20 I=40
    APC=6/7=y=280

    ditanyakan 1. BEP
    2. y equilibrium
    3. S(saving)
    4. Grafik

    terimakasih atas jawabannya

    BalasHapus
  13. saya punya soal seeprti ini mohon di bantu
    " Disaat pendapatan 5 juta, konsumsi yg dikeluarkan 3 juta. namun ketika pendapatan naik 2juta, digunakan meabung 500ribu. ditanya fungsi konsumsi dan fungsi tabungan?

    thanks

    BalasHapus
  14. Makasih pak,.
    Ini rinci bangetz kalo bisa dibikin yG RinCi Lg,.
    Stelah baca ini semUa saya barU mengerTi bgaimana mNghiTuNg FungSi KonsUmsi & tabuNgaN,.

    BalasHapus
  15. Kalau cara Menghitung Equilibrium Pendapatan Nasional bagaimana yaCh,.
    Tolong KasiH AnaLisa kasUsx yaCh paK sErta ConToHnya jUGa,.
    MohoN,.

    BalasHapus
  16. apabila diketahui fungsi konsumsi masyarakat suatu negara adalah C=50+0,75Y , hitunglah:
    a.keseimbangan pendapatan nasional pada saat Y=C
    b.apabila ada investasi sebesar I=100 , berapa keseimbangan pendapatan nasional yang baru?
    c.hitunglah keseimbangan konsumsi dan tabungan pada saat itu?
    d.gambarlah grafik dari seluruh keseimbangan iti?
    tolong dibantu menyelesaikannya ya pak...

    BalasHapus
  17. saya punya soal spt ini tolong dibantu:
    diketahui fungsi tabungan s:-500+0,20Y. Bila pemerintah menambah pengeluaran sebesar Rp. 150 miliar di satu pihak, dan meningkatkan pemungutan pajak sebesar Rp. 100 miliar, maka kebijakan tersebut akan menyebabkan pendapatan masyarakat...
    pilihan jawabannya:
    a. berkurang 50 miliar
    b. bertambah 50 miliar
    c. bertambah 350 miliar
    d. bertambah 750 miliar.
    tolong dibantu untuk menyelesaikan soal trsbt diatas ya PAK..
    thanks b4

    BalasHapus
  18. apakah ada perbedaan antara fungsi konsumsi dengan fungsi konsumsi rumah tangga, bisa dijelaskan pengertiannya masing-masing

    BalasHapus
  19. gini sya punya pertanyaan di jawabya:
    pada saat pendapatan 50m besarkonsumsi 40m pada saat pendapatan 60m besar konsumsi 55m tntukan fungsi tabungan dan fungsi konsumsi dibantu yah :)

    BalasHapus
  20. kak gmana cara mncari soal ini
    dik. nilai investasi awal sebesar I1 = 40, kemudian nilai investasi ke 2 adlh I2 = 130, fungsi komsumsinya adlah c = 90 + 0,85Y
    hitunglah
    a. pertambahan pendapatan nasional
    b. jmlh pndptan yg bru, jka pndpatan awal y = 940
    c. multipliernya

    thanks

    BalasHapus
  21. om sya blum ngerti tentan contoh soal fungsi tabungan dan fungsi konsumsi,,????

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bukan tempat ngerjain pr, kalo masih bingung cari aja contoh soal, kalo masih gak mudeng ya les aja!

      Hapus
  22. pada saat pendapatan 1000 konsumsi 500. Pada saat pendapatan 1500, konsumsi 500. Buatlah fungsi konsumsi dan APC nyadan berapakah titik BEP??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong ya om...
      bsok hrus dkumpul om...

      Hapus
    2. woy mikir donk goblog !!

      Hapus
  23. tapi contoh soal ini macam mana untuk mengerjakannya
    Pak Rahman tidak mempunyai penghasilan dan harus mengeluarkan uang sebesar Rp300.000,00 untuk keperluan hidupnya.Ketika sudah bekerja dan mendapat penghasilan Rp1.250.000,00,pengeluaran menjadi Rp750.000,00.
    a.Buatlah fungsi konsumsinya!
    b.Buatlah fungsi tabungannya!
    c.Jika pendapatan sebesar Rp1.750.000,00,hitunglah besar tabungan dan konsumsinya!

    BalasHapus
  24. saya punya soal .. bantu yahh ??
    1.keseimbangan pendapatan nasional dicapai pada tingkat pendapatan rp.4000 miyar, apabila pendapatan nasional bertamnbah, maka pertambahan tersebut akan dipakai untuk keperluan pengeluaran konsumsi sebesar 75% ari informasi tersebut diminta :
    a. tuliskan fungsi konsumsi dan tabungan
    b. berapa besarnya konsumsi dan tabungan pada tingkat pendapatan rp.4800 milyar

    BalasHapus
  25. hampir sama sih dengan yang ku pelajari .
    aq minta contoh soal dong
    yang penyelesaiannya dengan rumus mencari pendapatan disposible, kecondongan marginal&tabungan, persamaamfungsi konsumsi & tabungan setelah di kenai pajak sebesar (misalnya 100)

    BalasHapus
  26. ni blog bukan buat ajang ngerjain tugas goblog, tapi buat anda anda pada mikir !!

    BalasHapus
  27. pengertian MPS tuu apa ya pak?
    saya anak 1 SMU

    BalasHapus
  28. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii

    kunjungan balik ya pak :)

    BalasHapus
  29. gan tolong di bantu
    Data perekonimian suatu Negara menunjukan kondisi sbg beikut
    Fungsi Komsumsi c = 100 + 0, 1 Yd
    Fungsi Investasi I = 25
    Pengeluaran pemerintah g = 35
    Penerimaan Pajak Tx= 10 + 0,1y
    Ekspor x = 40
    Impor m = 2 + 0, 1y

    Ditanya :
    a. Hitunglah pendapatan nominal keseimbangan ?
    b. Bila pendapatan nominal full employment YF = 400 dan apa yang terjadi ?
    c. Hitunglah berapa besarnya surplus atau deficit APBN ?
    d. Bagaimana kondisi neraca perdagangan internasional ?

    BalasHapus
  30. Bila diketahui data* ekonomi makro sbb : hasrat mergina masyarakat melakukan saving adalah 25% konsumsi etonom sebesar 15 Mrp :
    tentukan
    a. Fungsi Saving
    b. YBEI
    C. Gambar grafik Fungsinya

    Tolong dibantu yah

    BalasHapus
  31. mohon bantuannya...ada tugas nih..hikz

    fungsi konsumsi dlm perekonomian 2 sektor adalah
    C = 10 + 0,8Y dan fungsi tabungan adalah S = -10 + 0,2Y. Dimisalkan jlh investasi yang akan dilakukan pengusaha adalah 30 (triliun rupiah),jawablah pertanyaan berikut :
    1. Apakah yg terjadi jika sektor perusahaan menghasilkan 150 triliun rupiah?
    2. Apakah yg terjadi jika sektor perusahaan menghasilkan 350 triliun rupiah?
    3. berapakah pendapatan nasional pada keseimbangan?
    4. Lukiskan keadaan keseimbangan perekonomian tersebut.

    BalasHapus
  32. Waah pembahasannya cukup lengkap dan sangat membantu, terima kasih.
    BTW, ini saya kutipkan tulisan di atas, kok sama-sama MPC yah?

    untuk mengetahui perubahan tingkat konsumsi, maka dapat digunakan rumus :
    ===> MPC = ∆C / ∆Y dan APC = C / Y
    dan untuk mengetahui perubahan tingkat konsumsi, maka dapat digunakan rumus :

    ===> MPC = ∆S / ∆Y dan APC = S / Y



    yang kedua MPC atau MPS??

    BalasHapus
  33. diket: c0 = 100
    MPC = C = 0,8
    persamaan konsumsi?
    persamaan fungsi saving?

    tolong dibantu

    BalasHapus
  34. gimana cr mncr soak ini?
    diketahui fungsi konsumsi masyarakat adalah C= 500.000+0,25. jika tabungannya sebesar Rp100.000,00, besar pendapatannya adalah

    BalasHapus
  35. terimakasih buat infonya pak, ilmunya membantu sekali, semoga sukses.
    dan untuk yg pada komentar minta dikerjakan prnya itu sudah kelewatan, kalo mau seperti itu ya les saja, jangan membuat yg punya blog semakin repot, beliau kan membagi ilmu saja tanpa imbalan, kenapa masih pada ribut.

    BalasHapus
  36. this helped a lot! thanks so much! wish me luck pak on my national exam!

    BalasHapus
  37. saya mau tanya boleh ya...
    jika MPS = 0,34 berapa MPC nya ?
    tolong ya... aku bingung banget.... trims...

    BalasHapus
  38. Trimakasih
    sangat membantu tugas saya

    BalasHapus
  39. mohon di bantu pa
    saya punya soal
    C=200+0,75Y Tx=20% G=500 I=300
    pendapatan nasional keseimbangan nya bagaimana pa cara mengitungnya? tx

    BalasHapus
  40. lina m siagian14 Oktober 2013 06.53

    Salam kenal pak... ne sy mau sharing,, contoh soal di atas kurang lengkap... bantu dong pak cara menyelesaikan nya ; pada pendapatan rumah tangga Rp 1 jt. pengeluaran Rp 1150.000, pendapatan meningkat 2jt. , pengeluaran konsumsi jg meningkat 1950.000,, ditanya berp BEP terjadi pd pendapatan . ,,pd pendaptan 875000 ,brp Ps, pd tingkat pendptn brp tab RT adlh 4 % dr pendaptan di capai........bls yc pak

    BalasHapus
  41. kita juga punya nih artikel mengenai 'Fungsi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/836/1/D87-D95_Yusuf.pdf
    trimakasih
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  42. Jika yang diketahuinya MPC : 0,75 maka besarnya pendapatan dan konsumsinya berapa ? Jika S= -20+0.20y ..

    BalasHapus
  43. saya mau tanya,
    Jika diketahui C=500+0,80yd
    dan Tx=75
    berapa Y dan C??
    serta gambar grafiknya gimana ya?

    BalasHapus
  44. maaf saya mau tanya ada soal begini:
    negara S mempunyai fungsi konsumsi C=4000.000 +0,4(Y-T). diketahui nilai G= 3000.000, I= 2200.000 dan T= 2000.000 berdasarkan data tersebut besar pendapatan negara S adalah
    tolong dijawab ya
    terimakasih :)

    BalasHapus
  45. hubungan antara MPC dengan APC ?

    BalasHapus
  46. aku mau tanyani soal kaya gini data perekonomian yd: 60 , c: 60 dan pada waktu yd : 110 c:100 tentukan fungsi konsumsi ,tabungan dan gambar grafiknya ?

    BalasHapus
  47. nanya mulu kaya polisi

    BalasHapus
  48. gw emang polisi gan.....!!

    BalasHapus
  49. selamat siang mau tanya dong pak saya dari jurusan akuntansi sedang mempelajari fungsi konsumsi dan tabungan. saya gak ngerti nih pak mengenai soal :
    Siwon yang baru saja berhenti bekerja mengatakan tidak memiliki uang untuk membeli berbagai kebutuhannya. Padda saat siwon tidak berpenghasilan, kebutuhan untuk konsumsi sebesar rp. 650.000, per bulan. dari pengalaman selama bekerja diketahui bahwa setiap kenaikan penghasilan sebesar rp. 195.000, pertambahan tabungan adalah rp.80.000.
    a. bentuklah fungsi tabungan
    b. berapakah konsumsi dan tabungan jika siwon bekerja kembali dan memiliki penghasilan 2.120.000 rupiah per bulan?
    gitu pak mohon bantuannya ya pak saya sudah mencari contoh soal seperti ini tapi gak ketemu ketemu pak. makasih :)

    BalasHapus
  50. Kakak aku g ngerti pusing

    BalasHapus