Selamat datang di Blog kami
Terimakasih anda telah bersedia mengunjungi blog kami ini,



Prakata:

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Para pembaca yang budiman terimakasih anda telah sudi mengunjungi blog kami yang sederhana ini.
Adapun tujuan pembuatan blog ini adalah : (1) sebagai wahana aktualisasi diri dalam ajang lomba blog SMA/SMK se Aceh tahun 2009, (2) Sebagai wahana untuk berbagi ilmu pengetahuan dan teknologi, yang mana disini penulis membahas beberapa materi-materi tentang ekonomi dan komputer untuk Tingkat SMA, dan materi-materi pelajaran ini pun telah disesuaikan dengan kurikulum KTSP.
untuk sementara ini Blog ini hanya memuat lima materi ekonomi dan pembahasan soal yang terkait dengan soal olimpiade ekonomi. serta lima materi tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi. untuk kedepan blog ini akan diupgrade sebagai wahana studi online untuk membahas soal-soal Olimpiade Sains Komputer dan Ekonomi tingkat SMA.


Berikut Daftar-daftar link isi pada Blog kami:

1. Profil Penulis :
2. Action Penulis: Ektrakurikuler disekolahku:
3. Pemanfaatan TIK disekolah Penulis :
4. Fungsi Permintaan dan Penawaran
5. Elastisitas Permintaan dan Penawaran
6. Pendapatan nasional
7. Indeks harga dan inflasi
8. Fungsi konsumsi dan tabungan
9. Jaringan Komputer
10. Perangkat keras internet
11. Tips memilih ISP (Internet Services Provider)
12. Istilah-istilah di internet
13. Pseudo Pascal untuk Kasus Deret Aritmatika dan Geometri



Profil Penulis :


Saya adalah seorang guru Ekonomi dan Komputer di SMA Negeri 1 Peunaron Kabuapten Aceh Timur, Saya lulusan S1 Pend. Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) tahun 2004, Sewaktu saya kuliah saya pernah menjadi Tenaga Asistensi komputer Fakultas Ekonomi Univirsitas Negeri Semarang (UNNES). Sebagai seorang tenaga asistensi komputer saya memiliki peluang yang sangat besar untuk menggali sedalam-dalamnya ilmu komputer, karena disamping ada pelatihan secara struktural sebagai team asistensi komputer, saya juga berlatih secara mandiri dan bisa memanfaatkan lab. komputer dan internet serta buku2 komputer secara geratis. Alhamdulillah setelah lulus dari S1 Pend. Akuntansi Unnes, saya sudah sedikit banyak memiliki keahlian tentang ilmu komputer, diantaranya adalah keahlian tentang merakit komputer, instalasi komputer, jaringan komputer, Microsoft Office, Troubleshoting komputer, Komputer akuntansi Bahasa Pemograman komputer, baik visual ataupun novisual seperti : Foxpro, Pascal, Basic, C/C++, bahasa pemograman internet seperti HTML, ASP, PHP,Jscript, Vbscript, Desain Web, dll. disamping itu juga saya bisa mengetik sepuluh jari tanpa melihat (Blend System).
Selengkapnya klik link ini........

 Action Penulis:  Ektrakurikuler disekolahku:

Suka Duka Pengembangan Ekstrakurikuler TIK didaerah pedesaan.

Saya telah mengelola program ekstrakurikuler dalam bidang kursus komputer di sekolah SMA Negeri 1 Peunaron kabuapten Aceh timur, sejak pertengahan tahun 2006 sampai sekarang.
Saya adalah guru komputer yang pertama kali di SMA Negeri 1 Peunaron Kabupaten Aceh timur, karena sebelumnya belum ada materi TIK di tingkat SMA, materi TIK baru ada setelah pemerintah menerapkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Karena pada saat itu sekolah kami belum memiliki laboratorium dan perangkat komputer maka pengajaran TIK hanya sebatas teori. untuk membantu peraktek komputer siswa pada pertengahan tahun 2006 saya secara pribadi membeli 7 perangkat komputer dengan tujuan membantu mengembangkan siswa-siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang komputer. kegiatan peraktek komputer yang saya adakan ini tidak bersifat wajib dan hanya diperuntukan untuk siswa-siswi yang memang berminat untuk peraktek komputer pada sore hari atau malam hari dalam bentuk kursus komputer. dan kegiatan kursus komputer ini pun sangat didukung oleh kepala sekolah, karena kepala sekolah memasukan kegiatan kursus komputer yang saya adakan ini sebagai kegiatan ekstrakurikuler sekolah.
untuk selengkapnya kelik link ini.........

Pemanfaatan TIK disekolah Penulis :


TIK atau lebih kenal dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah bukan sesuatu hal yang asing lagi. Sekolah kami baru memiliki komputer mulai tahun 2006 dan itupun hanya digunakan untuk keperluan administrasi sekolah seperti mengetik laporan bulanan, daftar hadir siswa, daftar guru dan lain-lain. dengan adanya komputer administrasi sekolah dapat diselesaikan dengan cepat berbeda dengan sebelum adanya komputer pembuatan administrasi sekolah dilakukan dengan mesin ketik, sehingga membutuhkan waktu yang lama.
Untuk bisa memanfaatkan TIK dalam bidang pengajaran pada pertengahan tahun 2006 saya membeli 7 unit komputer dengan tujuan untuk menunjang peraktek siswa disekolah, dan TIK sangat bermakna bagi siswa karena mereka bisa memasukan program-program HP, music dan gambar2 kedalam HP mereka. disamping itu juga dengan ada TIK mereka bisa membuat tugas-tugas sekolah seperti makalah dan tugas lainnya dengan menggunakan komputer. 
Untuk selangkapnya Klik link ini.......


Studi Ekonomi :

Berikut Bebarapa Materi Ekonomi SMA kelas X sesuai dengan kurikulum KTSP, dan beberapa pembahasan Soal-soal Olimpiade Sains Ekonomi yang sesuai dengan materi :

Fungsi Permintaan dan Penawaran


Fungsi Permintaan adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah suatu barang yang diminta dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. fungsi permintaan adalah suatu kajian matematis yang digunakan untuk menganalisa perilaku konsumen dan harga. fungsi permintaan mengikuti hukum permintaan yaitu apabila harga suatu barang naik maka permintaan akan barang tersebut juga menurun dan sebaliknya apabila harga barang turun maka permintaan akan barang tersebut meningkat. jadi hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta memiliki hubungan yang terbalik, sehingga gradien dari fungsi permintaan (b) akan selalu negatif.
Bentuk umum fungsi permintaan dengan dua variabel adalah sebagai beriut :
Qd = a - bPd atau Pd = -1/b ( -a + Qd)
untuk pembahasan selengkapnya klik link ini.....


Elastisitas Permintaan dan Penawaran



Elastisitas harga permintaan merupakan ukuran kuantitatif yang menunjukkan sejauh mana bsarnya pengaruh perubahan harga terhadap jumlah yang diminta.
Elastisitas penawaran merupakan ukuran kuantitatif yang menunjukkan sejauh mana besarnya pengaruh perubahan harga terhadap jumlah yang ditawarkan.


Adapun Rumus elastisitas adalah sebagai berikut :

                     Perubahan nisbi jumlah yang diminta
E =  ------------------------------------------------------
                             Perubahan nisbi harga

Penaksiran terhadap koefisien elastisitas (E) baik elastisitas permintaan ataupun elastisitas penawaran adalah sebagai berikut :
1. Permintaan atau Penawaran dikatakan Elastis, Jika nilai E < 1
2. Permintaan atau Penawaran dikatakan Inelastis, Jika nilai E > 1
3. Permintaan atau Penawaran dikatakan Elastis Uniter, Jika nilai E = 1
4. Permintaan atau penawaran dikatakan Elastistias Sempurna, Jika nilai E = ~ (tak hingga)
5. Permintaan atau penawaran dikatakan Inelastis Sempurna, Jika nilai nilai E = 0
untuk pembahasan selengkapnya klik sini...


Pendapatan nasional


Pendapatan nasional adalah merupakan jumlah seluruh pendapatan yang diterima oleh masyarakat dalam suatu negara selama satu tahun.
kurang lebih ada tiga metode yang digunakan untuk melakukan perhitungan terhadap pendapatan nasional, diantara yaitu :
a. metode pendapatan,
b. metode Penerimaan, rumusnya yaiu : Y = r + w + i + p
c. metode pengeluaran, rumusnya yaitu : Y = C + I + G + (X – M)
Jika pendapatan nasional untuk berbagai tahun diketahui, menentukan pendapatan perkapita bukanlah hal sulit. Pendapatan perkapita adalah pendapatan rata-rata penduduk. oleh karena itu, untuk mendapatkan perkapita suatu tahun tertentu adalah dengan cara membagi pendapatan pada tahun itu dengan jumlah penduduk tahun yang bersangkutan.
untuk menentukan tingkat pertumbuhan pendapatan perkapita dari tahun ke tahun dapat ditentukan dengan cara penentuan pertumbuhan pendapatan nasional riil, yatu dengan rumus sebagai berikut :


              PNR2 - PNR1
GT2 = ---------------------- x 100%
                     PNR1

Keterangan:
GT2 = pertumbuhan pendapatan perkapita yang dinyatakan dalam persen
PNR2 = pendapatan per kapita pada tahun 2 (tahun yang dicari pendapatan perkapitanya)
PNR1 = pendapatan perkapita sebelum tahun ke 2.
untuk pembahasan selengkapnya klik sini...


Indeks harga dan inflasi


Angka indek merupakan suatu konsep yang dapat memberikan gambaran tentang perubahan-perubahan variabel dari suatu priode ke periode berikutnya. Dengan demikian angka indek dapat diartikan sebagai angka perbandingan yang perubahan relatifnya dinyatakan dalam bentuk prosentase (%) terhadap yang lain.

Angka indek harga adalah angka indek yang menunjukkan perubahan harga dari suatu periode ke periode lainnya. angka indek harga dapat dirumuskan sebagai berikut:


                 ∑Pn
Pn  = --------------- x 100%
                 ∑Po

Keterangan :
P   = angka indek harga pada tahun n
Pn = harga tahun n, tahun yang akan dihitung indeknya
Po = harga tahun dasar
untuk pembahasan selengkapnya klik link ini.......


Fungsi konsumsi dan tabungan


Seorang ahli ilmu ekonomi JM. Keynes, mengatakan bahwa Pengeluaran seseorang untuk konsumsi dan tabungan dipengaruhi oleh pendapatannya.
Semakin besar pendapatan seseorang maka akan semakin banyak tingkat konsumsinya pula, dan tingkat tabungannya pun akan semakin bertambah. dan sebaliknya apabila tingkat pendapatan seseorang semakin kecil, maka seluruh pendapatannya digunakan untuk konsumsi sehingga tingkat tabungannya nol.
Menerut JM. Keynes, pendatan suatu negara terdiri atas dua hal, yaitu : (1). Pendapatan Perseorangan ( Y=C+S) dan (2). Pendapatan Perusahaan (Y=C+I).
Fungsi konsumsi adalah suatu fungsi yang menggambarkan hubungan antara tingkat konsumsi rumah tangga dengan pendapatan nasional dalam perekonomian. Sedangkan fungsi tabungan adalah suatu fungsi yang menggambarkan hubungan antara tingkat tabungan rumah tangga dan pendapatan nasional dalam perekonomian.
Persamaan hubungan antara fungsi konsumsi, fungsi tabungan dan fungsi pendapatan adalah :
- Fungsi Konsumsi : C = a + bY
- Fungsi Tabungan : S = -a + (1-b)Y
- Fungsi Pendatan : Y = C + S
dimana :
a = konsumsi rumah tangga secara nasional pada saat pendapatan nasional = 0
b = kecondongan konsumsi marginal (MPC)
C = tingkat konsumsi
S = tingkat tabungan
Y = tingkat pendapatan nasional.
untuk pembahasan selengkapnya klik sini.....



Studi Komputer:

Berikut Bebarapa Materi Komputer SMA kelas XI sesuai dengan kurikulum KTSP, pada kesempatan kali ini belum membahasa soal-soal olimpiade sains komputer, namun untuk masa yang akan datang penulis akan mengusahakan untuk memposting pembahasan soal olimpiade sains komputer.

Jaringan Komputer


Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer ?
Jaringan Komputer (Network) adalah Komputer yang dihubungkan satu dengan yang lainnya sehingga dapat berkomunikasi.
Ada dua klasifikasi jaringan komputer yaitu dibedakan berdasarkan teknologi transmisi dan jarak.
Dalam kelasifikasi teknologi transmisi jaringan komputer debedakan atas jaringan broadcast dan jaringan pont to point. sedangkan dalam klasifikasi jarak jaringan komputer dibedakan atas Local Area Network (LAN), Metropolitian Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN), Wireless Local Area Network (WLAN) dan internet.
untuk pembahasan selanjutnya klik sini........


Perangkat keras internet



 
Bekerja dengan internet memerlukan perangkat pendukung yang baik. Semakin tinggi spesifikasi komputer yang digunakan tentu akan semakin baik. Dengan spesifikasi pendukung yang baik akan mempercepat akses. komputer yang digunakan untuk mengakses internet sebaiknya komputer keluaran terbaru dengan spesifikasi yang lebih lengkap agar dapat mengakses internet lebih memuaskan.

Selain komputer kita jika memerlukan perangkat tambahan agar bisa mengakses internet, Perangkat tambahan tersebut antara lain : Modem, Router, Repeater, Bridge, File Server, HUB, Ethernet Card, Jaringan Telpon, Wireles Lan.
Untuk pembahasan selanjutnya klik sini.....


Tips memilih ISP 
(Internet Services Provider)


Untuk berlangganan internet kita harus berlangganan pada penyedia jasa internet atau lebih dikenal dengan ISP, karena begitu banyaknya ISP yang ada di Indonesia, berikut kami sampaikan tips memilih ISP yang baik dan berkualitas :

Adanya jaminan CIR (Customers Interconnect Rate), jaminan dari ISP untuk koneksi dari end user ke backbone internasional dan IIX. Biasanya ISP akan memberikan jaminan CIR 1:1 ke backbone internasional dan IIX jika user menyewa bandwidth Dedicated Connections namun adapula ISP yang membagi koneksi menjadi 1:2, dan sebagainya. Begitu juga disisi ISP yang menyewa bandwidth ke NAP mendapatkan jaminan CIR 1:1 atau tidak ke backbone internasional dan IIX. Koneksi dedicated berbeda dengan koneksi Broadband, koneksi dedicated adalah koneksi dengan jaminan CIR 1:1 ke Internet, jadi misalanya kita menyewa 64 kbps maka kita harus mendapatkan bandwidth 64 kbps ke Internasional dan ke IIX, berbeda dengan Broadband atau shared conections yang biasanya besarnya bandwidth tertentu misalnya bandwidth UP TO 384 kbps yang akan dibagi untuk antara 20-30 user, jadi maksudnya user akan mendapatkan maksimal 384 kbps jika user-user lainnya tidak menggunakan. Rata-rata koneksi broadband disediakan bandwidth (jalur pita lebar) sebesar 384 kbps, bandwidth ini disediakan untuk di shared ke beberapa user, karena tidak mungkin dengan harga broadband kita mendapatkan bandwidth murni dedicated.
Jaminan SLA (Services Level Agreament), jaminan yang bisa di klaim oleh end user jika terjadi down time dari ISP.
untuk selengkapnya klik sini.....


Istilah-istilah di internet


Istilah-istilah dalam internet antara lain :
1. Internet (interconnected network) : kumpulan jaringan computer yang saling terhubung secara mendunia
2. Backbone : jaringan komunikasi kecepatan tinggi
3. ISP (internet service provider) : perusahaan penyedia jasa akses internet
4. Bandwidth : Jumlah data yang dapat ditransfer melalui jaringan dalam jangka waktu tertentu,
5. Bps (bit per second) : ukuran kecepatan pengiriman data.
6. www (world wide web) : system hypermedia untuk mengakses/browsing berbagai macam informasi
7. Browser : program yang dapat mengakses informasi website.
8. HTTP (hypertext transfer protocol) : suatu cara dimana www ditransfer melalui jaringan.
untuk pembahasan selengkapnya klik sini...


Algoritma dan Pemograman
(Pseudo Pascal untuk Kasus Deret Aritmatika dan Geometri)


Kurikulum pelajaran TIK pada tingkat SMA belum mencakup materi tentang Algoritma dan Pemograman, padahal materi ini adalah materi yang di ujikan pada Olimpiade sains komputer, oleh karena itu berikut ini akan saya paparkan secara singkat beberapa sub pokok bahasan yang bergubungan dengan Algoritma dan Pseudo Pascal. mudah-mudahan bermanfaat.

Apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan Algoritma ?..
Algoritma adalah suatu urutan langkah-langkah (steps) yang disusun secara logis untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan komputer, dengan kreteria sebagai berikut :
• Setiap langkah / steps harus jelas dan pasti (definite)
• Diperbolehkan tanpa ada output tetapi minimal harus ada satu output.
• Jumlah langkah harus berhingga atau dengan kata lain harus ada stopping criteria.
Penyajian Algoritma dapat disajikan dalam dua cara yaitu : (1). Secara gambar (FlowChart) dan (2) Secara Tulisan (Struktur bahasa dan Pseudo Code).
.....Untuk selengkapnya klik bagian ini.....


Daftar-daftar link pada Blog kami :
1. Profil Penulis :
2. Action Penulis: Ektrakurikuler disekolahku:
3. Pemanfaatan TIK disekolah Penulis :
4. Fungsi Permintaan dan Penawaran
5. Elastisitas Permintaan dan Penawaran
6. Pendapatan nasional
7. Indeks harga dan inflasi
8. Fungsi konsumsi dan tabungan
9. Jaringan Komputer
10. Perangkat keras internet
11. Tips memilih ISP (Internet Services Provider)
12. Istilah-istilah di internet
13. Pseudo Pascal untuk Kasus Deret Aritmatika dan Geometri
14. Tentang Peunaronesia